Curhat

Happy New Year, hello banjir..

Happy New Year 2020

Sebelumnya, mamawhale mau ucapin selamat memasuki 2020. Pastinya diakhir 2019 kemari hampir semua punya wish untuk ditahun 2020 ini ya. Dan dipastikan semua harapannya adalah yang baik-baik.

Mamawhale pribadi sesih rasanya, membaca dan mendengar berita tentang banjir yang menimpa hampir seluruh titik di ibukota kita. Pada malam pergantian tahun, kebetulan ini kali pertama mamawhale sekeluarga nginepbdi hotel yang ngga begitu jauh juga dari rumah, alias di bekasi. Awalnya ngga begitu aware sama berita banjir ini, tapi sore2 waktu ngintipin dari jendela kamar, ternyata dibawah hotel juga bajir. Bahkan banyak yang jadi pada check in ke hotel karena rumahnya kebanjiran. Tetiba musibah ini terasa sangat nyata.

Manusia Positif

Balik sebentar ke moment pergantian tahun. Bagi mamawhale, pergantian tahun, dari sejak kubisa mengingat, selalu dihabiskan dengan acara keluarga yang mana isinya kebaktian singkat dilanjutkan MANDOK HATA. Yang orang batak pasti ngerti banget. Berbeda dengan resolusiku tahun2 sebelumnya, saat ditanya resolusi tahun ini, mamawhale menjawab “Mau menjadi pribadi yang positif”. Apa sih maksudnya? Sebenernya sudah kujalani sejak tahun batu 2018 lalu, mamawhale mencoba menjalani hidup dari kacamata positif. Karna aq sadar, tidak mudah kalau kita mau merubah semua orang disekitar kita menjadi seperti yang kita mau, hal yang lebih mudah dan berguna adalah merubah diri kita sendiri. Hal itulah yang jadi awal mamawhale memantapka diri untuk jadi lebih positif. Lantas, pribadi yang positif itu yang bagaimana sih? Pribadi yang menjalani hidup dengan melihat dari kacamata positif. Maksudnya? Sebenernya orang Indonesia punya bakat banget hidup positif, mau buktinya? Hampir setiap ada kemalangan, pasti ditimpali dengan ‘tapi untung’. Misalnya nih, duiy di dompet hilang, bakal dikatain orang ” Tapi untung KTP dll ngga ilang ya”. Kalau ada yang kecelakaan dan luka2 atau bahkan udh sekarat orang akan bilang “untung hidup ya”. Dan menurutku semua itu ada benernya. Menjalani hidup dengan rumus positifku itu, bukan berarti mamawhale udh 100% positif. Masih ada kalanya bablas, tapi bisa kupastikan selama 2019 kebablasan itu ngga lebih dari 5 kali. Itu juga karena ada orang2 yang ngga tak urusin hidupnya tapi ngurusin banget hidupku, dan as a new me, mamwhale langsung ngadepin langsung ke orang yang bersangkutan. Trust me! It’s so good for your life. Karena mamawhale yakin, dalam setiap kejadian, pasti ada sisi positifnya walaupun itu hanya 1%.

Banjir Jakarta

Nah, balik ke musibah yang sedang menimpa ibukota kita, Jakarta. Apa ada hal positif yang dapat dilihat disini? Memang, terlihat seperti tidak ada, tapi inilah salah satu kejadian yang mungkin nilai positifnya 1% itu. Melihat berita2 yang beredar, terlihat bagaimana orang2 saling membantu dengan sesama sekitarnya. Ngga sedikit diantara mereka yang sebenernya tetanggaan tapi ngga pernah bertegur sapa. Dengan tidak adanya listrik dan dropnya jaringan juga membuka mata bagi sebagian orang untuk lebih memperhatikan kehidupan nyata disekitarnya, padahal kalau HP on bahkan lagi nyetir aja kl macet orang udah jarang liat2 gedung sekitar, malah sempetin buka timeline IG atau check out belanjaan.🤪

Setelah sempat dapat berita bahwa rumah kakakku juga terkena banjir yang lumayan (air sampe masuk mobil, freezer dirumahnga ampe kebalik dan barang2 lain bertaburan krn kebetulan mereka diluar kota saat kejadian) setelah berprihatin mamawhale masih sempat sounding sambil bercanda ” Mungkin tandanya kalian harus hidup minimalis. Barang yang ngga perlu dibuang2in”. Maksudku, mamawhale dahulu, termasuk manusia penimbun. Manusia penimbun itu apa ya? Manusia yang kerjaannha menimbun barang. Beli barang pengganti tanpa menyingkirkan barang yang hendak diganti. Misalkan gunting dirumah udah tumpul, mamawhale beli gunting baru tapi gunting lama ngga dibuang. Nah itu barang kecil, gimana kalau barang besar? Contoh nyata dirumah saudara, ada yang mesin cucinya masih jalan, terus dikadoin mesin cuci baru, eh yang lama ngga dibuang mandek aja disitu. Itu namanya penimbun (menurutku). Nah, di IGS mamawhale banyak liat orang2 yang bilang akhirnya membuang barang2 yang sebenernya emang ngga dieperluin lagi. So, berarti mereka sekalian bersih2 isi rumah kan. Paling ngga nilai positifnya, isi rumah semakin terseleksi kan.

Nah begitulah kira2 yang mau mamawhale share di awal tahun ini. Semoga kita semua bisa lebih positif ya.

Umak-Umak,

Mamawhale ( https://instagram.com/gezka )

Disclaimer : Semua tulisan diatas adalah menurut pendapat pribadiku ya, jadi apabila ada yang kurang setuju boleh dibicarakan baik2 ya.